Kemana Saja Ketika Dengan Sewa Mobil Di Jogja?


Kemana Saja Ketika Dengan Sewa Mobil Di Jogja? - Tidak lebih jauh dari perjalanan kereta semalam dari Jakarta, Jawa Tengah yang bersejarah, kota Yogyakarta di Indonesia berfungsi sebagai gudang bagi budaya dan sejarah Jawa yang tinggi. Kawasan khusus yang masih diperintah oleh Sultan di masa sekarang, Yogyakarta adalah museum hidup untuk kerajinan, masakan, arsitektur, dan pertunjukan Indonesia. Kegiatan dalam daftar ini hanya menggores permukaan hal-hal yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Yogyakarta; bacalah dan rencanakan rencana perjalanan Yogyakarta sendiri.

  1. Kunjungi istana Sultan Yogyakarta

Raja penguasa Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X, memerintah dari istana, atau Kraton, terletak di tengah kota. Kraton berfungsi sebagai pusat keagamaan dan budaya bagi penduduk setempat: prosesi religius melintas Kraton ke Masjid Gede Kauman di dekatnya pada hari-hari raya istimewa, festival terbuka diadakan di lapangan Alun-Alun Utara di samping istana, dan setiap hari Pertunjukan budaya dilakukan di Bangsal Sri Manganti di dalam Kraton kesana bisa dengan menggunakan sewa mobil Jogja pilihan anda.

"Istana" mungkin tidak sebesar tempat tinggal kerajaan yang akan Anda temukan di Thailand atau di Eropa, namun bangunannya kaya akan simbolisme: pemandu wisata yang harus Anda pekerjakan di gerbang akan terbukti sangat membantu dalam melepaskan legenda dan simbol yang terkait dengan Sultan dan tempat tinggalnya yang luas.

Untuk informasi lebih lanjut tentang tempat tersebut, baca artikel kami di Kraton Yogyakarta, atau lihat daftar museum dan tempat-tempat menarik di dekat Kraton.

2. Lihat batik yang sedang dibuat

Industri batik Yogyakarta berakar pada sejarah rakyat yang panjang, terkait dengan kehadiran dan restu dari Sultan. Dengan demikian para pembuat batik kota tersebut berada di dekat pusat kota, dengan sejumlah bengkel yang berada di sebelah selatan Taman Sari. Banyak toko batik memiliki toko depan, dengan pintu bengkel di belakang yang masih terbuka lebar bagi pengunjung yang ingin melihat bagaimana pola kain berwarna-warni dibuat. Kesana bisa dengan rental mobil tapi anda harus tahu pilih mobil matik atau mobil manual untuk liburan ke Jogja. 

Panduan Anda mengunjungi Batik & Kerajinan Luwes Putra (Jl Mongkoyudan No. 45; tel: +65 274 369023), yang menjual berbagai jenis kain batik . Harganya tetap, namun tampilan proses pembuatan batik semakin mencerahkan: Anda mendapatkan tur berpemandu dengan beberapa pengalaman langsung, mulai dari meletakkan garis lilin panas ke kain untuk merendam kain menjadi pewarna.

3. Makan makanan khas kota: gudeg

Yogyakarta telah lama dikenal sebagai "kota gudeg", dan sebaiknya Anda mencoba hidangan gurih ini sebelum Anda pergi. Gudeg adalah daging nangka yang direbus dengan santan, rempah-rempah, dan gula aren, kemudian disajikan dengan telur rebus, kulit sapi yang dapat dimakan (krecek), dan nasi. Ini hangat dan tetap sehat: pengunjung dari tempat lain di Indonesia sering memesan gudeg untuk dibawa pulang, lalu bawa paket tersebut sampai ke kampung halaman mereka untuk berbagi dengan teman atau keluarga di rumah.

Restoran gudeg terbaik dapat ditemukan di Sentra Gudeg Wijilan, sebelah timur Alun-Alun Utara di sepanjang Jalan Wijilan dekat Kraton. Untuk pengalaman gudeg yang lebih kelas atas, kunjungi Bu Tjitro (Jalan Janti 330, tayang: +62 274 564 734), sebuah restoran bergaya keluarga yang nyaman yang terletak di seberang Jogja Expo Center.

baca juga : serunya sewa mobil matic ke Angringan 

4. Kunjungi sebuah tempat Kerajinan perak

Seperti halnya perdagangan batik Yogyakarta, industri perak di kota ini terkait dengan sejarah panjang perajutannya dalam pelayanan Sultan. Untuk melihat seniman perak Jogja beraksi, kunjungilah Kota Gede, sekitar 2 mil sebelah tenggara Jalan Malioboro, bisa diakses dengan bus atau becak.

Jalan utama di kawasan itu, Jalan Kemasan, dipenuhi dengan berbagai kerajinan perak yang menghasilkan kerajinan perak dan perhiasan perak. (Carilah miniatur kerajinan perak mereka, seperti gambar Harley perak di sebelah kiri.) Seperti toko-toko batik, beberapa toko perak memungkinkan pengunjung melihat perak yang dibuat oleh perajin.

Saat berada di daerah tersebut, kunjungi Pemakaman Kerajaan, tempat pemakaman Raja Mataram yang mendirikan ibukota mereka di Kota Gede pada tahun 1500an. Karena Pemakaman adalah tempat ziarah religius, pakaian konservatif dibutuhkan bagi pengunjung.

5. Saksikan pertunjukan budaya

Jogjakarta adalah tempat yang tepat untuk mengisi budaya Jawa. Namun sebelum kesana silahkan baca tips sebelum liburan ke Jogja yang harus anda ketahui.  Pertunjukan budaya sehari-hari di Kraton (lihat di atas) memungkinkan Anda menjadwalkan pertunjukan setiap hari dalam kunjungan Anda. Anda juga dapat menonton pertunjukan di berbagai tempat di seluruh kota: beberapa toko perak menawarkan pertunjukan wayang di sisi, memungkinkan Anda mendapatkan perbedaaan budaya dan belanja Anda di satu tempat.

Ramayana juga menjadi basis sejumlah pertunjukan di sekitar kota - cobalah melihat Ramayana di tempat Prambanan. Untuk plot dasar Ramayana seperti yang dilakukan di tempat lain di Indonesia, baca artikel kami

Komentar